TEMU PERS DALAM RANGKA PERINGATAN  HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE – 51  DI DINAS KESEHATAN PROV.

TEMU PERS DALAM RANGKA PERINGATAN HARI KESEHATAN NASIONAL (HKN) KE – 51 DI DINAS KESEHATAN PROV.

Rabu, 16 Desember 2015 - 15:21:46 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 765

Kegiatan Temu Pers yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara tanggal 16 desember 2015, merupakan salah satu rangkaian kegiatan Peringatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara pada tahun 2015 ini. Temu Pers ini dipimpin oleh Sekretaris Dinas Kesehatan (Bpk.Drs.Afwan, Apt,MM) selaku Ketua Umum Panitia HKN ke 51 di Provinsi Sumatera Utara. Temu Pers ini dihadiri oleh Insan Pers yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Beberapa hal yang disampaikan oleh Ketua Umum panitia HKN Prov.Sumatera Utara adalah sebagai berikut; Peringatan HKN ke – 51 Tahun 2015 mengambil tema :     “ Indonesia Cinta Sehat “ dan  sub tema  : “ GENERASI CINTA SEHAT SIAP MEMBANGUN NEGERI”

Makna yang ingin disampaikan dari tema ini bahwa 51 tahun HKN adalah awal dari setengah abad baru memperjuangkan pembangunan kesehatan. Usia yang mewakili sebuah kematangan dan kemapanan pembangunan kesehatan Indonesia.

Masa ini adalah era pembaharuan dan semangat baru dalam menyongsong kesehatan yang lebih baik sekaligus waktu yang tepat untuk mensosialisasikan program Nawacita atau 9 Agenda Perubahan kabinet kerja khususnya Indonesia Sehat kepada masyarakat.

Generasi cinta sehat adalah kita semua, bangsa Indonesia dari segala usia, bayi, balita, anak, remaja, dewasa dan lansia turut serta dalam pembangunan kesehatan, mengingatkan kembali bahwa sehat itu harus dijaga, bergaya hidup sehat terlibat aktif dalam jaminan kesehatan nasional, untuk dapat mencapai layanan kesehatan yang kuat.

Akselerasi pencapaian derajat kesehatan yang optimal dilakukan  dengan  kerjasama berbagai elemen penting seperti Pemerintah, Kepala Daerah, Dunia Usaha dan Organisasi Kemasyarakatan. Peringatan  HKN ke 51 ini merupakan momen untuk berbagi tantangan dan mengambil komitmen dalam pencapaian derajat kesehatan

Adapun Pesan-Pesan yang disampaikan dalam HKN ke  51 adalah;

  1. Makanan sehat untuk keluarga dengan gizi seimbang agar terhindar dari obesitas dan stunting;
  2. Perilaku hidup sehat dengan melakukan aktifitas fisik;
  3. Perilaku hidup bersih untuk menciptakan lingkungan sehat;
  4. Hidup sehat tanpa rokok , alkohol dan napza;
  5. Penggunaan obat sesuai resep dokter ;
  6. Menjaga kesehatan reproduksi sejak dini;
  7. Pencegahan penyakit dengan imunisasi;

 

FILOSOFI SEMANGAT MEMPERINGATI HKN KE – 51

  • Arah pengembangan upaya kesehatan dari kuratif  bergerak ke arah promotif, preventif sesuai kondisi dan kebutuhan .

Pada saat ini kita berada pada tahap  dimana akses masyarakat terhadap pelayanan kesehatan berkualitas mulai berkembang dan meningkat

  • Sederhana dan bermakna

Peringatan  HKN dilaksanakan secara sederhana namun bermakna dan melibatkan publik, merakyat. Masyarakat Harus ikut terlibat dan turut memanfaatkan  pelayanan kesehatan.  

Dengan melibatkan publik terutama masyarakat dan swasta, ditargetkan dapat mendukung kebijakan berwawasan kesehatan. Memperkenalkan program kesehatan yang telah berjalan dan mendapat dukungan politis dari Kabinet Indonesia yang baru.

Terciptanya dukungan politis, teknis dan sumberdaya dari pengambil keputusan di tingkat daerah. Bersama mitra dan peran serta dari: Komunitas, organisasi masyarakat, dunia  usaha terus berinovasi dalam melaksanakan berbagai kegiatan bertemakan Kesehatan.

Penggunaan sosial media sebagai wadah baru dan populer dalam menyalurkan informasi kesehatan.

 

Adapun Rangkaian Kegiatan yang diselenggarakan di Prov. Sumatera Utara al;

  1. TEMU PERS, dilaksanakan, Rabu, 16 DESEMBER 2015 di Aula Dinkes Prov. SU, JL. Prof. HM. Yamin No. 41 AA Medan, peserta Pejabat Struktural Dinkes Prov. SU, INSAN PERS (CETAK & ELEKTRONIK)
  2. Promosi Kesehatan di Media Media TVRI, dengan tema Hari Cuci Tangan Pakai Sabun, sudah dilaksanakan tanggal 5 Nopember 2015 dan yang akan dilaksanakan tanggal 17 Desember 2015 dengan tema HKN ( GENERASI CINTA SEHAT SIAP MEMBANGUN NEGERI )
  3. Kegiatan Ilmiah al; Seminar untuk  Awam : SEMINAR HCTPS TGL 5 NOVEMBER 2015 (sudah dilaksanakan), SEMINAR HKN TGL 17 DESEMBER 2015 di  HOTEL GARUDA PLAZA  dengan Tema  : GEMA  CERMAT ( GERAKAN MASYARAKAT CERDAS  MENGGUNAKAN OBAT )
  4. UPACARA HKN 51 TAHUN TGL 12 NOVEMBER 2015 (sdh dilaksanakan)
  5. PENGABDIAN MASYARAKAT, yaitu kegiatan Donor darah yang dilakukan tangga 18 Desember 2015 dan Pemeriksaan deteksi dini kanker rahim dengan metode IVA
  6.  ACARA PUNCAK PERINGATAN HKN KE – 51 TH. 2015, Acara puncak HKN dilaksanakan : JUMAT, 18 Desember 2015, Tempat :  Kantor UPT. KIM Dinkes Prov.Sumatera Utara yang akan dipimpin oleh  KADISKES PROV.SU dengan kegiatan SENAM SEHAT BUGAR, dilanjutkan dengan Pemberian Penghargaan Pada  NAKES TELADAN  dalam rangka HKN KE -51 TH. 2015 dan diakhiri dengan Donor Darah dan  IVA TEST.(deteksi dini kanker rahim)

Acara temu pers ini diakhiri dengan tanya jawab dan ramah tamah.(dinkesprovsu).



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 4 | Hits: 137 / 218536