Pertemuan Pemutakhiran & Analisis Data Tingkat Provinsi & Kab/Kota Se-Sumatera Utara Tahun 2016

Pertemuan Pemutakhiran & Analisis Data Tingkat Provinsi & Kab/Kota Se-Sumatera Utara Tahun 2016

Selasa, 19 April 2016 - 15:12:16 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 786

Profil kesehatan adalah salah satu kemasan informasi kesehatan yang memuat berbagai data tentang keadaan/kondisi kesehatan masyarakat, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan serta data dari sektor terkait yang mempengaruhi pelayanan kesehatan. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa profil kesehatan pada intinya adalah data dan informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan di daerah tersebut.

Ketersediaan data dan informasi memegang peranan penting di dalam menunjang pelaksanaan maupun keberhasilan pembangunan kesehatan. Data dan informasi yang benar dan lengkap serta tepat waktu adalah sumber daya yang sangat strategis bagi pimpinan di semua lini organisasi bidang kesehatan.

Untuk meningkatkan kualitas data (khususnya data profil kesehatan) sehingga dapat menjadi landasan bukti/fakta, yang dapat dimanfaatkan untuk mendukung sistem pemantauan dan evaluasi dan perencanaan serta pengambilan kebijakan, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara melaksanakan Pertemuan Pemutakhiran dan Analisa Data Tingkat Provinsi dan Kabupaten Kota se-Sumatera Utara tanggal 4 s/d 6 April 2016 di Medan.

Adapun tujuan umum dari pertemuan ini adalah tersusunnya Draft I Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2015. Sedangkan tujuan khususnya adalah Mensosialisasikan hasil rekapitulasi sementara data-data pada tabel lampiran Profil Kesehatan per kab/kota, mensinkronkan penghitungan sasaran program kesehatan tabel per tabel, mensinkronkan data-data sasaran dan memfinalkan data pencapaian program kesehatan sesuai dengan tabel Profil Kesehatan antara petugas Profil kesehatan kabupaten/Kota dan Pemegang program di Dinas kesehatan Provinsi Sumatera Utara.

Adapun data yang dimutakhirkan meliputi;  Data Kependukan, Data Kesehatan Ibu dan Anak serta KB, Data Pencegahan dan Pemberantasan Penyakit serta Kesehatan    Lingkungan,  Data Perbaikan Gizi Masyarakat, Data Kesehatan Dasar dan Rujukan, Data Kesehatan Usia Lanjut dan kesehatan khusus, Data Sarana Kesehatan, Posyandu dan Desa Siaga, Data Obat dan Sumber Daya Manusia Kesehatan, serta Data Alokasi Angggaran Kesehatan.

Metode yang digunakan pada pertemuan ini meliputi ceramah, diskusi dan desk data (round table), peserta kegiatan ini adalah petugas/tenaga penyusun Profil Kesehatan Kab/Kota sebanyak 33 org, peserta provinsi 9 orang dan Penanggung Jawab Program di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara sebanyak 13 orang, dari BPS dan BKKBN Provinsi Sumatera Utara masing-masing 1 orang.

Dalam arahannya Ibu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara berharap pertemuan ini dapat menghasilkan “angka yang satu”, valid, akurat serta sesuai dengan fakta di lapangan. menghasilkan sebuah komitmen, angka mana yang akan digunakan, untuk setiap indikator, sehingga ke depan tidak ada lagi data yang berbeda-beda, baik angka di provinsi maupun di kabupaten/kota.  Ibu Kepala Dinas Kesehatan meyakinkan peserta bisa menyusun profil kesehatan tahun 2015 yang berbasis gender, sekaligus profil kesehatan yang datanya diakui dan terpercaya.



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 3 | Hits: 264 / 282319