Pertemuan Percepatan Pengendalian Rabies dan Zoonosis Lainnya
Pembukaan acara Pertemuan Percepatan Pengendalian Rabies dan Zoonosis Lainnya. Ki-ka: dr. Rahayu Lubis, PhD (Dosen FKM USU), Sukarni, SKM, M.Kes (Kasie Bimdal P2 Dinkes Prov. Sumut), dr. N.G. Hikmet (Kabid Bina PMK Dinkes Prov. Sumut), dr. Sudarto KS, AAK (BPJS Kesehatan Cabang Medan).
Pertemuan Percepatan Pengendalian Rabies dan Zoonosis Lainnya di Sumatera Utara Tahun 2016

Pertemuan Percepatan Pengendalian Rabies dan Zoonosis Lainnya

Jumat, 23 Desember 2016 - 11:27:53 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 420

Dalam rangka eliminasi Rabies di Indonesia pada tahun 2020, maka Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mengadakan Pertemuan Percepatan Pengendalian Rabies dan Zoonosis Lainnya pada tanggal 15-17 Desember 2016 di Hotel Grand Kanaya, Medan. Pertemuan tersebut mengundang lintas program dan lintas sektor dari Dinas Kesehatan Prov. Sumatera Utara, Kepala Bidang PMK Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, RSUD Kabupten/Kota, dan Dinas Pertanian/Peternakan Kabupaten/Kota.

 

Pertemuan tersebut menghasilkan rencana tindak lanjut berupa:

  1. Melaksanakan surveilans kasus gigitan hewan penular rabies (GHPR) berupa: penemuan kasus GHPR indikasi; penanganan kasus pada manusia di puskesmas atau layanan kesehatan; penanganan hewan penular rabies dan sampel otak oleh Dinas Pertanian/Peternakan.
  2. Tata laksana kasus GHPR: ketersediaan vaksin anti rabies (VAR) di setiap Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan rabies center (RC), ketersediaan sarana dan tenaga terlatih dalam penanganan kasus GHPR di puskesmas/layanan kesehatan dan RC.
  3. Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota membentuk RC dengan SK Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, dalam pengelolaan kegiatan rutin berkolaborasi dengan Dinas Pertanian/Peternakan.
  4. Deteksi kasus Zoonosis lainnya di Sumatera Utara: Flu Burung pada unggas oleh Dinas Pertanian/Peternakan, pada manusia oleh Dinas Kesehatan
  5. Tindak lanjut penemuan kasus Leptospirosis di RSUD.



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 3 | Hits: 111 / 277324