Kepala Dinas Kesehatan Provsu, Drs. Agustama, Apt, M.Kes, membuka kegiatan Seminar Gizi dalam rangka
Seminar Gizi Dalam Rangka Hari Gizi nasional ke 57 Tahun 2017

Kepala Dinas Kesehatan Provsu, Drs. Agustama, Apt, M.Kes, membuka kegiatan Seminar Gizi dalam rangka

Selasa, 16 Mei 2017 - 12:02:44 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 1498

Upaya perbaikan Gizi masyarakat sebagaimana disebutkan dalam Undang-undang No.36 tahun 2009  tentang kesehatan, bertujuan untuk meningkatkan mutu gizi perseorangan dan masyarakat, antara melalui perbaikan pola konsumsi makanan, perbaikan perilaku sadar gizi, peningkatan akses dan mutu pelayanan giziserta kesehatan sesuai dengan kemajuan ilmu dan teknologi. Selain itu berdasarkan UU pangan No. 18 tahun 2012 (pasal 63) yang disebutkan menyebutkan bahwa pemerintah menetapkan kebijakan dibidang gizi untuk perbaikan status gizi masyarakat.
 

Berdasarkan Global Nutrition Report (GNR) tahun 2014, Indonesia termasuk kedalam 17 negara diantara 117 negara yang mempunyai tiga masalah gizi pada balita yaitu Stunting, Wasting dan Overweight, disamping itu Indonesia termasuk juga didalam 47 negara dari 122 negara yang mempunyai masalah anemia pada Wanita Usia Subur (WUS).

Masalah gizi merupakan salah satu masalah serius yang perlu mendapat perhatian khusus . Biaya kemanusiaan dan ekonomi dari kurang gizi luar biasa besar. Kondisi kekurangan gizi akan menyebabkan rendahnya status kesehatan dan gizi, dan hal ini akan berakibatpada rendahnya kualitas SDM, pencapaian pendidikan dan daya saing bangsa.

Hasil Pemantauan Status Gizi (PSG) tahun 2015 diperoleh angka stunting sebesar 29 %, hal ini menunjukkan bahwa masalah stunting masih merupakan masalah gizi secara Nasional karena masih diatas batas ambang (20%). Konsumsi kelompok sayur dan olahan serta buah – buahan dan olahan penduduk masih rendah yaitu 57,1 gram perhari dan 33,5 per orang per hari. Sebagai wujud komitmen pemerintah untuk memerangi masalah kurang gizi khususnya stunting, telah dikeluarkan peraturan Presiden Nomor 42 tahun 2013  tentang Gerakan Nasional Percepatan Perbaikan Gizi.

Peraturan Presiden tersebut memberikan peluang seluas-luasnya kepada seluruh masyarakat dan unsur pemerintah untuk secara terpadu menanggulangi masalah gizi yang terjadi pada 1000 Hari Pertama Kehidupan. Konsumsi sayur dan olahan serta buah-buahan dan olahan yang belum memadai berpengaruh terhadap suplai vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Untuk mengatasi masalah-masalah diatas beberapa hal yang dicanangkan oleh ibu Menteri Kesehatan suatu Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) dengan fokus kegiatannya pada 3 (tiga) focus kegiatan :

1. Meningkatkan aktifitas fisik

2. Konsumsi sayur dan buah

3. Deteksi Dini Penyakit

 

Sejalan dengan Upaya tersebut Hari Gizi Nasional (HGN) merupakan bagian penting dalam menggalang kepedulian dan meningkatkan komitmen dari berbagai pihak untuk melaksanakan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (GERMAS) melalui percepatan Perbaikan/Pembangunan Gizi menuju bangsa sehat berprestasi.

Pada kesempatan itu Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara memberikan pengarahan dan sekaligus membuka kegiatan Seminar Gizi dalam rangka Hari Gizi Nasional ke- 57 Tahun 2017, pada tanggal 20 April 2017 di Hotel Soechi International Medan

 

 TUJUAN : 

Tujuan Umum   :    Meningkatkan pengetahuan Masyarakat tentang Konsumsi pangan Nusantara menuju kedaulatan pangan dan gizi

Tujuan Khusus :       

a. Meningkatkan keterlibatan Lintas sektor terkait dan swasta, Organisasi mayarakat dan pemerintah dalam upaya perbaikan gizi

b. Meningkatkan  pengetahuan masyarakat tentang cara memilih dan mengolah pangan Nusantara.

 

WAKTU DAN TEMPAT

Kegiatan Seminar ini dilaksanakan pada tanggal  20 April 2017 di Hotel Soechi International  Jl. Cirebon No. 76 A Medan

 

PESERTA

Peserta  seminar  berjumlah 100 orang  yang berasal dari  Ormas TP-PKK,  lintas sektor, lintas program, Organisasi Profesi, Organisasi Wanita, Organisasi Keagamaan, Puskesmas, Posyandu,  stakeholder terkait, dan masyarakat Kota Medan di Prov. Sumatera Utara

 

MATERI SEMINAR

1. Kebijakan dan Strategi upaya perbaikan Gizi Masyarakat Provinsi Sumatera Utara

2. Manfaat sayur dan buah untuk menjaga kesehatan. 

3. Pengawasan mutu dan keamanan pangan segar asal tumbuhan

4.Testimoni Hidup sehat dengan konsumsi buah dan sayur produk lokal

 

NARASUMBER

Narasumber pada seminar ini berasal dari :

1. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara

2. Poltekkes Kemenkes RI- Medan  jurusan Gizi

3. Dinas ketahanan Pangan  dan Peternakan UPT Otoritas Kompeten Keamanan Pangan Daerah Provinsi Sumatera Utara

4. Kader Desa

 

METODE

1. Ceramah

2. Tanya jawa

3. Door Prize

 

PEMBIAYAAN 

Pembiayaan seminar ini dibebankan pada Anggaran APBD pada Program Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat  Dinas Kesehatan Prov. Sumatera Utara TA 2017.

 



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 2 | Hits: 52 / 217702