Pertemuan Finalisasi Penyusunan Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016
Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, diwakili oleh Kabid Kesehatan Masyarakat ( Bpk. Ridesman,SH, M.Kes) memberikan arahan sekaligus membuka pertemuan finalisasi profil kesehatan Prov.Sumatera Utara.

Pertemuan Finalisasi Penyusunan Profil Kesehatan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016

Selasa, 30 Mei 2017 - 23:04:47 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 625

Profil kesehatan adalah merupakan salah satu sarana untuk menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan masyarakat di satu wilayah  yang memuat berbagai data tentang keadaan/kondisi kesehatan masyarakat, upaya kesehatan, sumber daya kesehatan serta data dari sektor terkait yang mempengaruhi pelayanan kesehatan.

Profil Kesehatan merupakan salah satu sarana untuk mengevaluasi hasil penyelenggaraan pembangunan kesehatan, termasuk pelayanan minimal bidang kesehatan di kabupaten/kota. Dengan demikian dapat dikatakan bahwa profil kesehatan pada intinya adalah data dan informasi yang menggambarkan situasi dan kondisi kesehatan di daerah tersebut.

Ketersediaan data dan informasi yang dikemas dalam buku profil kesehatan ini memegang peranan penting di dalam menunjang pelaksanaan maupun keberhasilan pembangunan kesehatan. Data dan informasi yang benar dan lengkap serta tepat waktu adalah sumber daya yang sangat strategis bagi pimpinan di semua lini organisasi bidang kesehatan. Dengan data dan informasi, pimpinan membuat sebuah keputusan dan menyusun rencana untuk mengatasi masalah yang ditemukan.

Sebagai salah satu upaya meningkatkan ketersediaan data dan informasi kesehatan yang dikemas dalam buku profil kesehatan tersebut adalah melalui Pertemuan Finalisasi Penyusunan Profil Kesehatan dengan para petugas pengelola/penyusun profil kesehatan di Kab/Kota serta Dinas Kesehatan Provinsi yang dilaksanakan tanggal 21 s/d 23 Mei 2017 yang lalu di Hotel Soechi Medan.

Adapun tujuan dari pertemuan ini adalah tersusunnya Profil Kesehatan Kabupaten/Kota dan Provinsi Sumatera Utara Tahun 2016, serta hasil yang diharapkan adalah adanya satu kesepakatan dari petugas Profil Kesehatan Kabupaten/Kota dan penanggung jawab program di Dinas Kesehatan Provinsi untuk menggunakan angka yang sama.

Peserta pertemuan ini berjumlah 45 orang, terdiri dari peserta dari 33 Kab/Kota masing-masing 1 (satu) org, peserta provinsi sebanyak 7 (tujuh) orang dan panitia sebanyak 5 orang, sedangkan narasumber pada pertemuan ini adalah Pengelola/Penanggung-jawab Data Program di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara serta Staf Subbag Program.

 Metode yang dilakukan dalam pertemuan ini adalah desk data round table antara pengelola profil kesehatan kab/kota dengan pengelola data program di Dinas Kesehatan Provinsi.

Ket: Suasana desk data antara pengelola profil kesehatan kab/kota dengan pengelola data program di Dinkes Provsu.

Dalam arahannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara berharap agar pertemuan ini harus mampu menghasilkan draft final profil kesehatan Provinsi Sumatera Utara tahun 2016, dimana data draft profil kesehatan kab/kota divalidasi melalui desk/sinkronisasi data-data pencapaian program/kegiatan pada setiap tabel profil dengan penanggung jawab program di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, pertemuan ini harus menghasilkan sebuah komitmen, angka mana yang akan digunakan, untuk setiap indikator, sehingga ke depan tidak ada lagi data yang berbeda-beda, baik angka di provinsi maupun di kabupaten/kota.   Kepala Dinas Kesehatan yakin dengan pertemuan ini bisa menyusun profil kesehatan tahun 2016 yang berbasis gender, sekaligus profil kesehatan yang datanya diakui dan terpercaya.

Ket: Foto bersama dengan Kabid Kesmas, Ka.Subbag Program dan Panitia serta seluruh pengelola profil kesehatan kab/kota



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 2 | Hits: 213 / 220001