Pertemuan Pengelolaan dan Evaluasi Obat, Vaksin dan Perbekalan Kesehatan

Pertemuan Pengelolaan dan Evaluasi Obat, Vaksin dan Perbekalan Kesehatan

Selasa, 20 Juni 2017 - 08:26:59 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 672

Pemantauan ketersediaan obat digunakan untuk mengetahui kondisi tingkat ketersediaan obat di berbagai unit sarana kesehatan seperti Instalasi Farmasi Kab/Kota dan Puskesmas. Kegiatan ini dilakukan untuk mendukung pemerintah pusat dan daerah dalam rangka menentukan langkah- langkah kebijakan yang akan diambil di masa yang akan datang.

Di era Otonomi daerah, pengelolaan obat merupakan salah satu kewenangan yang diserahkan ke kabupaten/kota. Akibatnya sulit bagi pemerintah pusat untuk mengetahui kondisi ketersediaan obat di seluruh Indonesia. Dengan tidak adanya laporan secara periodik yang dikirim oleh provinsi maka relatif sulit bagi pemerintah pusat untuk menentukan langkah-langkah yang harus dilakukan. Peran pemerintah kabupaten/kota sangat strategis sehingga dinas kesehatan dan rumah sakit kabupaten/kota dalam pengelolaan obat, vaksin dan perbekalan kesehatan mempunyai peranan yang sangat menentukan dalam penentuan kebijakan

Untuk itu sangat dibutuhkan data pengelolaan obat dan target kinerja kesehatan di Instalasi farmsai kabupaten/kota sehingga dari data tersebut akan diperolah hasil analisa berupa kesimpulan yang dapat digunakan sebagai bahan untuk pengambilan keputusan.

Adapun tujuan Pertemuan ini adalah untuk melatih Petugas Pengelola Instalasi Farmasi Kabupaten/Kota dan Provinsi agar dapat menerapkan sistim Pengelolaan Obat, Vaksin dan Perbekalan Kesehatan sesuai standar. Pertemuan ini di ikuti oleh 70 orang peserta dari kabupaten/kota yaitu Petugas Pengelola Obat di Instalasi Farmasi / Gudang Farmasi, Petugas Provinsi dan UPT Dinas Kesehatan Provinsi. Pelaksanaan Pertemuan selama 3 (tiga) hari mulai tanggal 18 s/d 20 Juni 2017 di Hotel Antares Medan.

Dalam arahannya, Bapak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara mengharapkan agar pertemuan ini dapat memantau dan mengevaluasi Ketersediaan Obat, Vaksin dan Perbekalan Kesehatan. Laporan dilakukan secara on line sehingga data ketersediaan obat, vaksin dan perbekalan kesehatan dapat segera diketahui. Untuk itu diharapkan keseriusan para peserta dalam mengikuti pertemuan ini sampai selesai.



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 2 | Hits: 26 / 217676