Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018
Pj Gubernur Sumatera Utara (Eko Wibowo) dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Drs. Agustama, Apt, M. Kes) mengulosi Ibu Mentri Kesehatan RI (Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM K)
Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018

Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018

Rabu, 18 Juli 2018 - 11:32:02 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 303

RAKERKESDA, Rapat Kerja Kesehatan Daerah Provinsi Sumatera Utara Tahun 2018, merupakan suatu rapat kerja kesehatan tingkat Provinsi Sumatera Utara yang melibatkan unsur kesehatan tingkat provinsi dan kabupaten/kota, serta seluruh stakeholder terkait untuk menyamakan persepsi dan memadukan langkah – langkah kebijakan dibidang kesehatan. Rapat tersebut dapat memberikan masukan yang komprehensif dalam upaya penajaman perencanaan tahun 2019 terutama dalam memberikan rencana aksi operasional di Dinas Kesehatan Provinsi/Kabupaten/Kota untuk dapat diterapkan oleh fasilitas pelayanan kesehatan pada jajarannya. Rakerkesda ini juga dihadiri oleh Menteri Kesehatan (Prof.Dr.dr. Nila Djuwita F.Moeloek SpM (K)), Sekjen Kemenkes (dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes), Dirjen Kesmas (dr, Kirana Pritasari, MQIH) serta Dirjen P2P (dr. Anung Sugihantono, M. Kes)

RAKERKESDA Provinsi Sumatera Utara tahun 2018 yang mengusung tema “Sinergisme Provinsi dan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara dalam Mewujudkan Universal Health Coverage melalui Percepatan Eliminasi Tuberkulosis, Penurunan Stunting, serta Peningkatan Cakupan dan Mutu Imunisasi” dilaksanakan pada tanggal 12 s/d 14 Juli 2018 bertempat di Emerald Garden Int’ Hotel.

Rakerkesda ini dibuka oleh PJ. Gubernur Sumatera Utara Bapak Eko Wibowo dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Rapat Kerja Kesehatan Daerah kali ini lebih difungsikan menjadi forum silahturohim dan koordiansi  untuk melakukan monitoring dan membahas berbagai progress serta permasalahan yang dihadapi dari pelaksanaan program kesehatan prioritas nasional di Sumatera Utara sesuai hasil pembahasan Rapat Kerja Kesehatan Nasional tahun 2018.

 

 

Pada Kesempatan yang sama Menkes RI (Prof Dr. dr. Nila F. Moeloek SpM (K) memberikan kesempatan untuk berdialog interaktif dengan seluruh peserta RAKERKESDA guna menampung masukan dan mendapat banyak pertanyaan dari peserta RAKERKESDA. Dalam kesempatan ini Ibu Menteri memberikan apresiasi kepada 3 Kab/Kota yang mendapat hasil baik dibidang kesehatan, yaitu, penurunan eliminasi tuberculosis yang didapat oleh Pemerintah Kota Medan, Penurunan Stunting oleh Pemerintah Kabupaten Langkat, dan peningkatan cakupan dan mutu Imunisasi oleh Pemerintah Kabupaten Deli Serdang.

Sebagai Narasumber pada Rakerkesda ini adalah Sekretaris Jendral Kemenkes RI (dr. Untung Suseno Sutarjo, M.Kes) dengan materi Sinergitas Pelaksanaan Program Prioritas Kesehatan dan Standart Pelayanan Minimal (SPM) Bidang Kesehatan pada akhir materi beliau memberikan kesempatan untuk berdialog interaktif dengan peserta. Selanjutnya narasumber Dirjen Kesehatan Masyarakat Kemenkes (dr, Kirana Pritasari, MQIH) memberikan materi/paparan tentang Kebijakan upaya percepatan penurunan stunting, serta Dirjen P2P Kemenkes (dr. Anung Sugihantono, M. Kes) dengan materi/paparan tentang Kebijakan upaya percepatan eliminasi tuberculosis serta peningkatan cakupan dan mutu imunisasi. Dalam acara ini Bapak Sekjen dan para dirjen menyempatkan untuk mengunjungi stand – stand pameran yang tersedia diarea tersebut. Diantaranya stand  UPT Dinas Kesehatan Provinsi yaitu, Rumah Sakit Khusus Mata, Rumah Sakit Khusus Paru serta UPT Laboratorium Kesehatan Daerah. Juga terdapat stand dari luar Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara diantaranya, BPJS, Poltekes Medan, KKP, dan masih banyak lagi.



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 3 | Hits: 248 / 218647