12 Tips Menjaga Kesehatan Mata Didepan Komputer Paling Efektif
Sumber Foto : https://www.republika.co.id/berita/gaya-hidup/info-sehat/13/10/11/muhtja-6-langkah-agar-mata-tetap-sehat
Kesehatan Mata

12 Tips Menjaga Kesehatan Mata Didepan Komputer Paling Efektif

Senin, 24 September 2018 - 11:19:45 WIB
0 | Kategori: Info Kesehatan |Dibaca: 184

Kita hidup pada zaman yang dipenuhi dengan teknologi, zaman dimana tiada waktu tanpa gadget. Tanpa kita sadari melihat gadget terlalu lama dan dekat dapat menganggu kesehatan mata kita, itulah sebabnya manusia di zaman ini banyak yang membutuhkan kaca mata atau lensa kontak karena penyakit yang disebabkan oleh ketidak-bijaksanaannya dalam memanfaatkan gadget dan teknologi. Berikut ini ada beberapa tips menjaga kesehatan mata didepan komputer yang mungkin dapat kalian lakukan untuk menjaga kesehatan mata meskipun bekerja terlalu lama di depan komputer.

  1. Atur kecerahan monitor

Kecerahan layar monitor berpengaruh pada fleksibilitas mata, jadi penting dilakukan pengaturan kecerahan layar monitor. Pastikan untuk tidak menggunakan pencerahan monitor yang maksimal tetapi jangan terlalu gelap. Atur kecerahan monitor supaya sesuai dengan pencerahan yang ada di ruangan kerja kalian, jangan terlalu terang dibandingkan cahaya lampu. Sedikit tips, akan jauh lebih baik gunakan monitor LCD dibandingkan jenis tabung.

  1. Gunakan filter

Untuk mengurangi intensitas cahaya yang masuk langsung ke mata dan juga dampak radiasi dari layar monitor, akan jauh lebih baik menggunakan filter glass. Selain menggunakan filter glass, kalian juga bisa menggunakan kaca mata pelindung.

  1. Atur jarak pandang mata.

Layaknya membaca buku, memandangi layar komputer juga harus dengan jarak yang ideal yaitu sekitar 50 – 100 cm. Saat jarak pandang mata dengan monitor terlalu dekat, akan membuat mata menjadi lebih cepat lelah dan dapat merusak mata hal ini dapat menyebabkan terjadinya rabun pada mata. Disisi lain jarak pandang dengan layar monitor juga mempengaruhi besar kecilnya radiasi, sehingga menjaga jarak pandang mata adalah satu hal yang penting untuk dilakukan.

  1. Gunakan font yang besar

Biasakanlah untuk menggunakan ukuran font yang ideal saat sedang menulis, mengedit, atau membaca suatu dokumen. Ukuran font yang terlalu kecil akan membuat mata bekerja lebih keras karena memaksa melihat huruf yang terlalu kecil, sehingga mata akan jauh lebih mudah merasa lelah. Idealnya gunakanlah huruf berukuran 12.

  1. Istirahatkan mata

Biasakanlah diri untuk mengistirahatkan mata jika sudah terlalu lama berada di depan komputer, setidaknya setiap satu jam sekali. Ada banya cara yang bisa kamu lakukan untuk merelaksasikan mata, diantaranya:

  1. Pejamkan mata sejenak dan jangan mengucek mata.
  2. Alihkan padangan kalian ke arah yang lain dan jangan terlalu fokus melihat satu objek dalam layar komputer, apalagi jika dalam jangka waktu yang lama.
  3. Gosok kedua telapak tangan hingga panas kemudian letakkan jari tangan kalian pada daerah mata.
  4. Pijat bagian mata dengan gerakan melingkar secara lembut saat ingin tidur selama kurang lebih dua menit.
  5. Lihat objek yang berjarak 6 meter dari tempat duduk kalian selama 20 detik. Lakukan olahraga ini setiap 20 menit sekali untuk mengurangi kemungkinan mata anda menjadi tegang.

Disarankan untuk istirahat 5 menit setiap jamnya untuk mengistirahatkan mata dan membuat pikiran menjadi lebih fresh.

  1. Konsumsi makanan yang sehat

Makanan mampu mempengaruhi kesehatan mata kita. Makanan yang tepat dapat membantu kita menjaga mata dari degenerasi makula, dan melindungi diri dari gangguan mata ringan. Biasakan diri untuk mengkonsumsi makanan-makanan sehat yang mampu membantu kita menjaga kesehatan mata. Perbanyak konsumsi sayuran seperti bayam, kol, dan kubis yang mengandung nutrisi lutein dan zeaxanthin yang mempu membantu mengurangi resiko penyakit mata.

Selain itu jangan lupa juga mengkonsumsi sayuran dan buah seperti: wortel, alpukat, kacang almond, strawberry, jeruk, brokoli, dan mangga yang mengandung banyak vitamin A dan C yang dapat memabantu menjaga kesehatan mata. Selain vitamin A, konsumsi juga makanan yang mengandung beta karoten yang nantinya juga akan dikonversikan menjadi vitamin A dan mengandung antioksidan yang mampu mengurangi resiko degenarasi makula. Jangan lupa juga mengkonsumsi makanan yang mengandung zinc seperti kacang-kacangan, daging merah tanpa lemak, daging unggas, karena dapat mengurangi kemungkinan rusaknya mata karena cahaya.

  1. Jaga lingkungan kerja

Jaga pencahayaan ruangan kerja kalian, usahakan untuk tidak terlalu terang hingga menimbulkan pantulan cahaya pada layar komputer. Tetapi jangan juga terlalu gelap karena dapat mempengaruhi kinerja mata kalian. Mengatur pencahayaan pada ruangan kerja akan membantu mata kalian lebih mudah bekerja dan tidak cepat lelah. Sebaiknya letakkan lampu meja diatas kepala dan di belakang punggung supaya cahaya tidak langsung masuk ke mata.

  1. Lakukan perawatan pada mata anda

Setelah seharian bekerja di depan komputer ditambah lagi diruangan yang ber-AC, pasti akan membuat mata lebih cepat lelah dan kering. Biasakanlah diri untuk meng-kompres mata dengan handuk yang hanga untuk menghilangkan lelah pada mata. Selain itu kalian juga bisa menggunakan obat tetes mata untuk menyegarkan mata yang terasa kering.

  1. Lakukan pemeriksaan mata secara berkala

Pemeriksaan mata perlu dilakukan untuk mengetahui keadaan kesehatan mata. Jika mata kalian memiliki kelihan maka dianjurkan untuk rutin melakukan pemeriksaan setahu sekali. Tetapi jika tidak memiliki keluhan tetap harus lakukan pemeriksaan 2-3 tahun sekali. Apalagi jika kalian bekerja didepan komputer, usahakanlah untuk rutin melakukan pemeriksaan terutama jika anda mengalami keluhan baru yang muncul pada mata kalian.

  1. Biarkan mata berkedip

Menggunakan komputer dapat membuat kita terlalu fokus melihat kayar sehingga terkadang menjadi jrang berkedip. Saat berkedip mata akan berelaksasi sehingga tidak terasa tegang serta menghindari terjadinya iritasi dan membuat mata jadi tidak kering. Saat mata kalian sudah terasa lelah, mulailah lakukan gerakan relaksasi dengan berkedip sebanyak 18 kali dalam waktu satu menit untuk membuat mata menjadi segar kembali.

  1. Jangan terfokus pada satu objek

Bekerja dengan komputer memaksa mata untuk terfokus pada layar monitor, akibatnya terkadang mata juga jadi jarang berkedip. Saat mata terlalu fokus pada satu objek maka mata akan terasa lebih mudah lelah dan apalagi jika monitor yang menjadi fokus tidak mendukung seperti terlalu terang atau terlalu cerah sehingga dapat membuat kerja otot mata menjadi lebih keras. Sehingga disarankan untuk tidak terlalu terfokus pada komputer dan lakukan relaksasi dengan melihat kearah objek lain

  1. Tidur saat lelah

Tidur adalah cara relaksasi yang paling mudah untuk mengistirahatkan otot mata. Disarankan untuk tidur 6-8 jam dan jangan kurang dari waktu tersebut karena dapat membuat mata menjadi kering, sakit, sensitif terhadap cahaya, gatal, kemerahan, dan terasa kabur.

Demikian artikel megenai tips menjaga kesehatan mata didepan komputer. Semoga informasi dari artikel ini dapat bermanfaat bagi anda.(RH)

Sumber  : https://halomata.com/tips-menjaga-kesehatan-mata-didepan-komputer

 



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 8 | Hits: 487 / 240061