Pertemuan Pemutakhiran Data Kesehatan Tahun 2018 Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara
Foto Bersama Bapak Kelapa Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dengan Narasumber Pusat dan Provinsi beserta petugas data kab/kota
Pertemuan Pemutakhiran Data Kesehatan Tahun 2018 Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara

Pertemuan Pemutakhiran Data Kesehatan Tahun 2018 Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara

Jumat, 29 Maret 2019 - 09:21:39 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 169

Pada Tanggal 14 – 16 Maret 2018 lalu, bertempat di Hotel Grand Antares Medan Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara telah melaksanakan Pertemuan Pemutakhiran Data Profil Kesehatan. Pertemuan ini di hadiri perwakilan petugas/tenaga penyusun Profil Kesehatan dari 33 Kab/Kota Se-Sumatera Utara dan para pengelola data program di Dinas Kesehatan Prov.Sumatera Utara, yang meliputi Bidang Kesehatan Masyarakat, Bidang Pencegahan & Pengendalian Penyakit, Bidang Pelayanan Kesehatan, Bidang Sumber Daya Kesehatan, disamping itu juga ada narasumber dari Pusat Data & Informasi Kesehatan (Pusdatin), Badan Pusat Statistik (BPS) dan BKKBN Provinsi Sumatera Utara.

Pertemuan ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (Drs. Agustama, Apt, M.Kes). Dalam sambutannya Kadis menyampaikan data informasi kesehatan adalah variabel yang sangat penting dalam tercapainya keberhasilan pembangunan kesehatan.

Pembukaan Pertemuan Pemutakhiran Data Kesehatan oleh Bapak Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatear Utara Drs. Agustama, Apt, M.Kes​ (paling kanan)

Kepala Dinas Kesehatan menyatakan bahwa “KETERSEDIAAN DATA DAN INFORMASI KESEHATAN MEMPUNYAI PERANAN PENTING DI DALAM MENUNJANG PELAKSANAAN MAUPUN KEBERHASILAN PEMBANGUNAN KESEHATAN.”

Kadis juga menyadari bahwa, dalam penyusunan data profil kesehatan yang valid, yang dapat menggambarkan sesuai fakta dan keadaan bukanlah hal yang mudah, diperlukan KOMITMEN yang kuat demi terciptanya data yang sesuai dengan fakta yang ada.

Kepala Dinas mengharapkan pertemuan ini bisa mendapatkan data yang valid, yang memiliki satu angka. Satu angka yang sama dari berbagai indikator baik itu di kabupaten kota maupun provinsi.

 


Narasumber Dari Pusat Data dan Informasi Kementrian Kesehatan dr.Yoeyoen Aryantin Indrayani (berdiri)

Narasumber pusat, Ibu dr.Yoeyoen menyampaikan materi yang berkaitan dengan Petunjuk Teknis (Juknis) Penyusunan Profil Kesehatan Kabupaten/Kota Tahun 2018, dimana dalam juknis terbaru ini ada beberapa penambahan  variable/indicator serta perubahan definisi operasional dari masing-masing variabel. Harapannya seluruh kab/kota dan provinsi dapat menyusun profil kesehatan dengan mengacu pada juknis terbaru ini. Narasumber dari BPS Provinsi menyampaian data-data yang terkait dengan kependudukan yang dibutuhkan dalam penyusunan profil kesehatan, demikian juga dengan BKKBN Provinsi juga menyampaikan materi yg terkait dengan data keluarga bencana.

Selanjutnya pengelola profil kesehatan kabupaten/kota melakukan desk data dengan pengelola data program di Dinas Kesehatan Provinsi. Output dari pertemuan ini diharapkan dapat menghasilkan draft profil kesehatan Provinsi Sumatera Utara tahun 2018.


Proses Desk Data Kesehatan Provinsi Sumatera Utara antara petugas data provinsi dan petugas data kab/kota


Proses Desk Data Kesehatan Provinsi Sumatera Utara antara petugas data provinsi dan petugas data kab/kota

 



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 3 | Hits: 308 / 282363