11 Cara Menahan Haus yang Berlebihan Saat Puasa

11 Cara Menahan Haus yang Berlebihan Saat Puasa

Jumat, 24 Mei 2019 - 13:15:00 WIB
0 | Kategori: Info Kesehatan |Dibaca: 60

Saat sedang menjalankan ibadah puasa, tubuh akan mengalami dehidrasi yang cukup akut. Tidak minum selama 14 jam membuat tubuh menjadi lemas, lesu, dan terkadang merasakan kepala pusing. Biasanya, cara menahan haus saat puasa dengan tidur. Tapi cara tersebut menjadikan Anda tidak produktif. Lalu adakah tips menahan haus saat puasa yang tidak menghambat aktivitas? Selengkapnya simak jawabannya di bawah ini.

Cara Menahan Haus Saat Puasa yang Efektif
Cara menghindari dehidrasi yang akut dan rasa haus yang tidak tertahankan, beberapa orang minum air putih sebanyak 3-4 gelas satiap sahur. Namun, bila kondisi ini tidak berpengaruh, apa yang harus dilakukan? Berikut ini tips menahan haus saat puasa yang bisa Anda coba:

1. Buat ruangan menjadi lebih dingin
Cara menahan haus saat puasa yang pertama adalah buat ruangan di rumah atau di kantor menjadi lebih dingin dari biasanya, agar tubuh tidak merasakan haus yang berlebihan. Anda bisa menyalakan kipas angin bila suasana sudah menjadi panas dan bisa menyebabkan kehausan.

Anda juga bisa menyalakan AC agar rasa dinginnya bisa mencegah tubuh mengalami penguapan air. Sebisa mungkin berada di dalam ruangan yang dingin dan menjauhi aktivitas di luar ruangan jika tidak dibutuhkan.

2. Menggunakan pelindung tubuh saat beraktivitas di luar

Bila Anda terpaksa bekerja di luar ruangan, jangan lupa untuk menggunakan pelindung tubuh. Anda bisa menggunakan jaket yang memiliki tudung agar tidak terpapar langsung teriknya cahaya matahari.

Jika tidak mengenakan jaket, Anda bisa menggunakan payung atau sering berteduh dan menjauhi sinar matahari yang panas. Bila melakukan cara menahan haus saat puasa ini tubuh akan lebih adem dan rasa haus bisa diminimalkan.

3. Kurangi aktivitas berat

Sebisa mungkin jangan melakukan aktivitas berat selama menjalankan ibadah puasa. Olahraga saat puasa memang tidak dilarang, tapi jangan dilakukan di siang hari terlebih jika intensitasnya tinggi.

Aktivitas yang terlalu berat bisa menyebabkan tubuh jadi cepat haus sehingga Anda bisa cepat lemas. Bila Anda ingin berolahraga atau melakukan aktivitas berat lain, usahakan lakukan sore menjelang waktu berbuka puasa, atau lakukan di malam hari.

Oh ya, meski menghindari kegiatan yang berat, bukan berarti Anda disarankan untuk bermalas-malasan ya. Anda bisa mencoba tips menahan haus saat puasa ini dengan tetap aktif bergerak agar tubuh tidak menjadi lemas.

4. Menggunakan kompres es dingin
Kalau Anda terlanjur berada di luar ruangan, kepanasan, dan rasa haus muncul dengan masif, cobalah tips menahan haus saat puasa dengan kompres air dingin. Buat area sekitar wajah dan leher menjadi lebih dingin.

Buatlah tubuh Anda menjadi lebih rileks sehingga rasa haus dan panasnya bisa hilang dengan mudah. Berdiam dirilah sejenak selama 15 menit sebelum melanjutkan aktivitas lainnya.

5. Mandi air dingin

Cara menahan haus saat puasa bisa Anda atasi dengan mandi air dingin. Anda bisa mandi selama beberapa saat dengan mengguyurkan air mulai dari kepala hingga ke seluruh tubuh.

Tubuh yang basah dan dingin akan mencegah rasa haus muncul. Selain itu, tubuh yang basah juga membuat Anda lebih terhidrasi meski di luarnya saja.

Jika Anda tidak bisa mandi coba lakukan wudu seperti saat akan salat. Dengan mencuci tangan, kaki, dan muka, tubuh akan lebih dingin.

6. Istirahat sejenak

Tips menahan haus saat puasa selanjutnya dengan tidur sejenak dari kesibukan. Saat jam istirahat atau saat sedang tidak ada pekerjaan, sempatkan untuk istirahat sejenak atau tidur siang selama 15-30 menit lalu bangun lagi untuk melakukan aktivitas selanjutnya.

Tidur singkat akan membuat tubuh jadi lebih segar dan perasaan haus berlebihan bisa segera dihilangkan.


7. Coba lakukan yoga & meditasi
Anda bisa melakukan yoga atau meditasi di lantai yang dingin saat waktu istirahat dari pekerjaan. Tenangkan pikiran perlahan-lahan untuk membuat rasa hausnya segera reda.

Jika susah melakukan tips menahan haus saat puasa yang satu ini karena harus berkonsentrasi, coba rebahan di atas lantai dingin selama beberapa saat hingga merasa lebih nyaman.

8. Hindari minuman berkafein saat sahur
Minum minuman berkafein seperti kopi, teh, dan minuman bersoda saat sahur dapat memicu tubuh mengeluarkan cairan sehingga Anda sering ke toilet untuk buang air kecil. Kafein adalah diuretik yang dapat merangsang proses pengeluaran air dalam tubuh. Itu tandanya tubuh Anda bisa mengalami dehidrasi.

Jika Anda tidak dapat menghindari sepenuhnya maka setidaknya kurangi asupan minuman berkafein untuk mencegah rasa haus di siang hari.

 9. Makan buah dan sayuran saat sahur
Mengonsumsi buah dan sayuran saasahur adalah salah satu cara menahan haus saat puasa. Makanan apa pun yang mengandung air termasuk semangka, melon, jerik, pir, mentimun, selada, dan tomat harus Anda konsumsi. Buah dan sayuran ini tidak hanya melembapkan tetapi dipenuhi dengan manfaat nutrisi yang membantu air tetap bertahan lebih lama di tubuh Anda.

10. Konsumsi yoghurt saat sahur
Satu cangkir yoghurt mengandung 85% air, jadi ini merupakan tips menahan haus saat puasa yang tepat untuk dikonusmsi saat sahur. Setelah Anda memperhitungkan semua manfaat nutrisi, pilihan yang terbaik adalah untuk mencampur dan memadukan yoghur dengan makanan lain, seperti buah buahan dan sayuran, atau makanan lainnya yang dirasa cocok untuk dicampurkan.

11. Hindari makanan asin saat sahur
Mengonsumsi makanan yang mengandung tinggi garam atau makanan asin saat sahur akan membuat Anda merasa haus di siang harinya. Jadi hindari mengonsumsi makanan asin (seperti ikan sarden, ikan asin, keju, dan makanan asin lainnya) atau menambahkan banyak garam pada makanan saat sahur.

sumber berita : https://doktersehat.com/mencegah-haus-saat-puasa/

Foto: Hotze Health & Wellness Center



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 4 | Hits: 116 / 277329