Pertemuan Koordinasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Pertemuan Koordinasi Program Indonesia Sehat Dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK)

Senin, 10 Juni 2019 - 12:39:17 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 69

Program Indonesia Sehat merupakan salah satu program dari Agenda ke-5 Nawa Cita, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia. Program ini didukung oleh program sektoral lainnya yaitu Program Indonesia Pintar, Program Indonesia Kerja, dan Program Indonesia Sejahtera. Program Indonesia Sehat selanjutnya menjadi program utama Pembangunan Kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, yang ditetapkan melalui Keputusan Menteri Kesehatan R.I. Nomor HK.02.02/Menkes/52/2015.


 

Dalam laporan ketua panitia disampaikan bahwa sasaran dari Program Indonesia Sehat adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehatan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung dengan perlindungan finansial dan pemerataan pelayanan kesehatan. Sasaran ini sesuai dengan sasaran pokok RPJMN 2015-2019, yaitu: (1) meningkatnya status kesehatan dan gizi ibu dan anak, (2) meningkatnya pengendalian penyakit, (3) meningkatnya akses dan mutu pelayanan kesehatan dasar dan rujukan terutama di daerah terpencil, tertinggal dan perbatasan, (4) meningkatnya cakupan pelayanan kesehatan universal melalui Kartu Indonesia Sehat dan kualitas pengelolaan SJSN kesehatan, (5) terpenuhinya kebutuhan tenaga kesehatan, obat dan vaksin, serta (6) meningkatnya responsivitas sistem kesehatan.

Program Indonesia Sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama, yaitu: (1) penerapan paradigma sehat, (2) penguatan pelayanan kesehatan, dan (3) pelaksanaan jaminan kesehatan nasional (JKN). Penerapan paradigma sehat dilakukan dengan strategi pengarusutamaan kesehatan dalam pembangunan, penguatan upaya promotif dan preventif, serta pemberdayaan masyarakat. Penguatan pelayanan kesehatan dilakukan dengan strategi peningkatan akses pelayanan kesehatan, optimalisasi sistem rujukan, dan peningkatan mutu menggunakan pendekatan continuum of care dan intervensi berbasis risiko kesehatan. Sedangkan pelaksanaan JKN dilakukan dengan strategi perluasan sasaran dan manfaat (benefit), serta kendali mutu dan biaya. Kesemuanya itu ditujukan kepada tercapainya keluarga-keluarga sehat. Koordinasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) dilaksanakan dengan alasan untuk mensinergikan sekaligus merencanakan pelaksanaan program, pelaksanaan,  serta evaluasi dan monitoring kegiatan PIS PK terhadap kendala yang dihadapi Kabupaten/Kota.

Koordinasi Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS PK) dilakukan dengan mengundang pejabat Dinas   Kesehatan Kabupaten/Kota di Provinsi Sumatera Utara sebanyak 66 (enam puluh enam) orang yaitu Kabid Kesehatan Mayarakat (Kabid Kesmas) dan Kabid P2P dari 33 Kab/Kota


 

Adapun tujuan pertemuan ini adalah untuk mendukung Pelaksanaan Agenda ke-5 Nawacita Presiden RI, yaitu Meningkatkan Kualitas Hidup Manusia Indonesia dengan Pendekatan Keluarga serta diperolehnya Informasi dan persamaan persepsi serta melakukan evaluasi Pelaksanaan PISPK kepada Pejabat Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota. Pertemuan ini dilaksanakan pada tanggal 20 s/d 22 Mei 2019 di Hotel Le Polonia Jl. Jend. Sudirman No. 14 Medan.



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 6 | Hits: 93 / 277306