Dinkes Prov. Sumut Mendapat Penghargaan
Dinkes Prov. Sumut Mendapat Penghargaan

Dinkes Prov. Sumut Mendapat Penghargaan

Senin, 15 Juli 2019 - 13:06:26 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 265

Pelaksanaan Peringatan Hari Lanjut Usia  (HLUN) tahun 2019 dilaksanakan di Jakarta di mulai tanggal 4 s/d 7 Juli 2019, peserta yang mewakili Dinas Kesehatan Provinsi adalah Bpk.Darwin Nasution, SKM,MPH. (Staf Seksi Kesga dan Gizi). Adapun rangkaian kegiatan peringatan HLUN ini adalah ;

  1. Workshop Kesehatan Lansia, Gedung Balai Kota Provinsi DKI Jakarta
  2. Pameran Poster Implementasi Rencana Aksi Nasional (RAN) Kesehatan Lansia 2016-2019
  3. Kunjungan Lapangan, berbagai Fasilitas ramah lansia di wilayah DKI Jakarta.
  4. Kampanye Kesehatan Lansia di Car Free Day Gedung Panin Bank Pusat

 

Pada HLUN ini dilakukan juga Lomba Poster Implementasi RAN Kesehatan lansia tahun 2016-2019 tingkat Nasional, dimana Dinas Kesehatan Prov. Sumatera Utara mengikuti perlombaan tersebut.

Pada hari kedua kegiatan ini, setelah pembukaan oleh Menkes dan kata sambutan dari Gubernur DKI, dilakukan peluncuran Buku Home Care oleh Menkes yang dibagikan kepada perwakilan Provinsi yaitu : DKI Jakarta, NTT dan Sumatera Utara.

Dinkes Prov. Sumut Darwin Nasution (Paling Kanan) Menerima Buku Home Care Dari Menteri Kesehatan Nila Moeloek

Pada saat bersamaan juga diumumkan pemenang lomba poster sekaligus pemberian penghargaan kepada Provinsi dengan Poster implementasi RAN terbaik, adapun pemenangnya adalah Juara I: Prov. Bengkulu, Juara II; Prov. Jawa Barat, Juara III: Prov.Kalimantan Timur, Juara Harapan I: Prov.Sumatera Utara, Juara Harapan II: Prov. Sulawesi Tenggara dan Juara Harapan III: Prov. Riau.


Dinkes Prov. Sumut (Darwin Nasution) Menerima Penghargaan Dari Sekjen (drg. Oscar P, MPH) Kemnekes RI  Sebagai Pemenang Harapan I Lomba Poster Pada HLUN 2019

Acara dilanjutkan dengan pemberian materi yaitu :

  1. Pelaksanaan Rencana Aksi Nasional Kesehatan Lansia Tahun 2016-2019 di Indonesia diselingi dengan pemutaran video singkat di Bogor oleh dr. Kirana Pritasari MQIH (Dirjen Kesmas)
  2. Rencana Pengembangan Kebijakan Terkait kelanjutusiaan di Indonesia oleh dr. Maliki, ST, MSIE (Direktur Perencanaan Kependudukan dan Perlindungan  Sosial, Kementerian BPN/Bappenas)
  3. Peran Akademisi untuk mendukung Pengembangan Program Kesehatan Lansia oleh Prof. drg. Tri Budi W. Raharjo (CEFAS URINDO)
  4. Peran Profesi dalam penyiapan RS untuk penyelenggaraan Pelayanan Geriatri dengan Tim Terpadu oleh Prof. Siti Setiadi, spPD, K.Geriatri, M.Epid (Ketua PB Pergemi).
  5. Implementasi RAN Kes Lansia tahun 2016-2019 di Prov DKI Jakarta oleh Kadiskes Prov DKI.

 

Pada akhir pemaparan materi dilakukan Pembacaan Rekomendasi Pertemuan. Pada hari terakhir dilakukan Kunjungan Lapangan dengan lokasi pertama  Puskesmas Kebon Jeruk dengan keunggulannya adalah sebagai Puskesmas Santun Lansia POKEMONSS (Poli Kesehatan Lansia One Stop Service). Selanjutnya mengunjungi RSUD Budhi Asih dengan keunggulan Poli Geriatri dan Rawat Inap Khusus Lansia selanjutnya adalah Sasana Tresna Wredha Ria Pembangunan di Cibubur, Bogor dengan focus pelayanan nursing home dan tempat tinggal bagi lansia yang tidak punya tempat tinggal dan lansia yang dititipkan keluarga dengan biaya ditanggung keluarga yang menitikan lansia. Terkhir menikmati keindahan Taman Lapangan Benteng yang sudah ramah lansia. Pada hari terakhir kegiatan adalah Kampanye Kesehatan Lansia di Area Car Free Day dimulai dengan senam bersama dan Fun Walk/ jalan santai dan panggung gembira, hiburan dan door prize. Acara berakhir dengan penutupan pukul 10.30 WIB

Foto Bersama dengan Duta Lansia di Puskesmas Kebun Jeruk DKI Jakarta

 

Juara Lomba Poster Harapan I Peringatan Hari Lanjut Usia​ 



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara |