Integrasi Operasi Timbang, Pemantauan Perkembangan dan Pemberian Vitamin A di Kota Medan
Salah satu balita yg sedang dilakukan pemantauan perkembangan oleh petugas Puskesmas Helvetia

Integrasi Operasi Timbang, Pemantauan Perkembangan dan Pemberian Vitamin A di Kota Medan

Jumat, 23 Agustus 2019 - 10:22:46 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 340

Medan, 22 Agustus 2019.

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Kesehatan tentang Integrasi Operasi Timbang, Pemantauan Perkembangan dan Pemberian Vitamin A pada bulan Februari dan Agustus maka Kepala Dinas Kesehatan Kota Medan telah menginstruksikan agar seluruh Puskesmas di Kota Medan untuk melaksanakan kegiatan tersebut di posyandu-posyandu.

Kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan efektifitas kegiatan di posyandu yg selama ini dilakukan tidak secara terintegrasi sehingga selanjutnya diharapkan akan dilakukan dengan integrasi termasuk dengan kegiatan pemantauan perkembangan pada bayi, balita dan anak pra sekolah melalui program Stimulasi, Deteksi, Intervensi Dini Tumbuh Kembang Anak (SDIDTKA).

Pada hari Kamis, 22 Agustus 2019 bertempat di Posyandu Flamboyan, Kecamatan Helvetia diadakanlah kegiatan yg terintegrasi tersebut dihadiri oleh Ibu Ummi (Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Dinkes Kota Medan), Kepala Puskesmas Helvetia, dr.Aswan B Nasution dan M.Syukur (Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi, Dinkes Provinsi Sumut).


Seorang balita yg sedang di SDIDTKA

Bahwa selama ini kegiatan di posyandu biasanya dalam bentuk penimbangan, imunisasi, pemberian kapsul Vitamin A, tetapi mulai bulan Agustus 2019 semua posyandu diharapkan juga akan melakukan pemantauan perkembangan pada bayi dan balita serta bekerjasama dgn PAUD untuk anak pra sekolah. Kegiatan SDIDTKA ini bertujuan agar pertumbuhan dan perkembangan pada bayi, balita dan anak pra sekolah sesuai dengan usia anak tersebut, dan andaikata terjadi keterlambatan pertumbuhan atau ada penyimpangan perkembangan maka akan cepat diketahui dan dapat segera dikoreksi.


Bayi yg sedang dilakukan imunisasi


Foto bersama dengan Kepala Puskesmas, Ibu Ummi, petugas puskesmas dan ibu-ibu kader posyandu

Diharapkan seluruh puskesmas dan posyandu yg ada di Provinsi Sumatera Utara melakukan kegiatan terintegrasi seperti ini serta khususnya kegiatan SDIDTKA secara rutin dan hasil pelayanannya dicatat dalam Kohort Bayi dan Balita serta di input dalam Elektronik Pencatatan Pelaporan Gizi Berbasis Masyarakat (eppgbm)



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara |