Cegah Stunting dengan POPM Cacingan di Pulau Tello, Nias Selatan
Siswa SD Negeri 071123 Pulau Tello, Kab. Nias Selatan berfoto setelah meminum obat cacing

Cegah Stunting dengan POPM Cacingan di Pulau Tello, Nias Selatan

Kamis, 05 September 2019 - 10:00:01 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 241

Pulau Tello, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dan Dinas Kesehatan Kab. Nias Selatan mengadakan pemberian obat pencegahan massal (POPM) cacingan di wilayah kerja Puskesmas Pulau Tello, Kab. Nias Selatan pada Jumat, 30 Agustus 2019. POPM cacingan merupakan salah satu kegiatan yang dilakukan dalam rangka memutus mata rantai penularan infeksi cacingan. Cacingan dapat merusak gizi anak yang terinfeksi sehingga menyebabkan anemia bahkan kematian. Penurunan gizi pada anak bisa menyebabkan pertumbuhan fisik terganggu bahkan stunting, merusak perkembangan kognitif (kemampuan belajar) sehingga kemajuan pendidikan anak.

Berdasarkan Peraturan Menteri Kesehatan No 15 Tahun 2017 tentang Penanggulangan Cacingan, pemerintah pusat menetapkan target program cacingan berupa reduksi cacingan pada tahun 2019. Indikator dalam pencapaian target program penanggulangan cacingan berupa penurunan prevalensi cacingan sampai di bawah 10% di setiap daerah kabupaten/kota. Untuk mencapai target tersebut, maka POPM dilakukan secara terintegrasi hingga ke daerah-daerah terisolir termasuk ke Pulau Tello, Kab. Nias Selatan.


Keterangan: Tim POPM dari Dinas Kesehatan Prov. Sumut, Dinas Kesehatan Kab. Nias Selatan, dan Puskesmas Pulau Tello serta aparat pemerintahan di Pulau Tello berfoto di depan Puskesmas Pulau Tello setelah melaksanakan POPM



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 2 | Hits: 281 / 592221