Kunjungan Lapangan (Fact Checking) Kelompok Belanja Strategis Program TB dan KIA
Tim Pokja dan pendamping melakukan foto bersama dengan Kabid Kesmas Dinkes Provsu, Kabid Kesmas dan Kabid P2 Dinkes Kota Medan

Kunjungan Lapangan (Fact Checking) Kelompok Belanja Strategis Program TB dan KIA

Senin, 23 September 2019 - 08:22:20 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 365

Medan, Pusat Pembiayaan Jaminan Kesehatan (PPJK), BPJS Kesehatan, unit terkait Kementerian Kesehatan (TB, Kesehatan Masyarakat, Pelayanan Kesehatan) dan asosiasi profesi tenaga kesehatan membentuk kelompok kerja untuk menelaah dan melihat sejauh mana kendali mutu dan kendali biaya dapat disempurnakan dengan menggunakan pendekatan Belanja Strategis Kesehatan. Pokja berkunjung ke 5 provinsi di Indonesia termasuk Provinsi Sumatera Utara.

Pokja melakukan telaah untuk membantu menjawab isu 2 program prioritas nasional yaitu Eliminasi TB dan penurunan angka kematian ibu dengan melakukan kunjungan fact checking ke kab/kota terpilih yaitu wilayah dgn insiden TB yg tinggi, tingkat AKI yg tinggi, dll.


dr.Nida Rohmawati menyampaikan pengantar sebelum diskusi di Puskesmas Glugur Darat

Pokja dimaksud melakukan kunjungan lapangan ke Provinsi Sumatera Utara pada tanggal 17 s.d 20 September 2019 ke Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (17 September 2019), Kota Medan: Puskesmas Glugur Darat dan RS Advent (18 September 2019), Kabupaten Deli Serdang: Puskesmas Lubuk Pakam dan RSUD Deli Serdang (19 September 2019) dan presentasi hasil kunjungan lapangan di Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (20 September 2019).

Pada kunjungan ke Kota Medan dan Kabupaten Deli Serdang, Tim Pokja didampingi oleh dr.Yuli, Jafirman Purba, Khairina (pengelola program TB Dinkes Provsu), dr.Aswan B Nst dan Rena (pengelola program KIA Dinkes Provsu).


Suasana diskusi di Puskesmas Lubuk Pakam

Ada banyak temuan dan permasalahan yang dijumpai dan semuanya akan dirumuskan menjadi rekomendasi kebijakan terkait hal-hal pembaiyaan dan belanja kesehatan yg perlu disempurnakan melalui kebijakan atau peraturan.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam pengambilan keputusan terhadap pelaksanaan program TB dan KIA di Indonesia dan khususnya Provinsi Sumatera Utara.



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara |