Workshop/TC Enumerator Penelitian Kemampuan dan Kemauan Untuk Membayar Iuran, Urun Biaya serta Kepua
Penyematan Bet Enumerator oleh Kadinkes Provsu

Workshop/TC Enumerator Penelitian Kemampuan dan Kemauan Untuk Membayar Iuran, Urun Biaya serta Kepua

Jumat, 11 Oktober 2019 - 13:33:30 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 333

Pusat Penelitian dan Pengembangan Humaniora dan Manajemen Kesehatan Balitbangkes-Kemenkes RI ingin melaksanakan survey/riset terkait Kemampuan dan Kemauan Untuk Membayar Iuran, Urun Biaya serta Kepuasan Peserta dalam Pelaksanaan JKN Di Indonesia Tahun 2019 . Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi kemauan peserta JKN Mandiri yang membayar iuran jaminan kesehatan sesuai dengan golongan yang dipilih peserta.


Sambutan Kepada Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M. Kes)

Dalam rangka persiapan pelaksanaan penelitian ini dilaksanakan pelatihan/workshop untuk calon enumerator yang berasal dari regional 1 yaitu Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau dan Kepulauan Riau. Workshop dilakukan di Hotel Le Polonia Medan dari tanggal 1 s/d 5 Oktober 2019.

Workshop ini dibuka oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dalam ini diwakili oleh Sekretaris Dinas Kesehatan ( Ridesman, SH,M.Kes), sedangkan yang hadir dari Pusat Litbang Humaniora dan Manajemen Kesehatan adalah  Kepala Bidang Humaniora Kesehatan (dr.Tety Rachmawati, Kasubbid Analisis Kebijakan Litbang Humaniora ( dr.Yusleli Usman), serta Penanggung Jawab Regional I Sumatera (dr .Merry Lusiana).

 

Foto Bersama Kadinkes Provsu, Kepala Badan Litbangkes Kemenkes RI dengan perwakilan Enumerator

Adapun narasumber dalam workshop ini adalah dari Pusat Litbang Humaniora antara lain, dr.Yusleli, dr.Tety Rachmawati, Suharmiati, Miftah, dr. Merrry Lusiana dengan materi yang disampaikan terkait dengan teknik wawancara dan pemahaman kuesioner serta cara pengisian kusioner yang akan dilakukan oleh enumerator serta praktek ke lapangan. Populasi riset ini adalah seluruh masyarakat Indonesia dengan kerangka sampling yang menggambarkan Kemampuan dan Kemauan membayar iuran JKN serta kepuasan terhadap pelayanan yang diberikan oleh BPJS maupun pemberi pelayanan kesehatan yang bekerjasama dengan BPJS secara nasional, provinsi dan kabupaten/kota.

Pada  penutupan kegiatan, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara (dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes), mengharapkan hasil penelitian ini nantinya dapat memberikan gambaran terkait kemampuan dan kemauan peserta JKN dalam membayar iuran. Juga dapat memberikan informasi terkait kepuasan peserta JKN terhadap pelayanan yang diberikan oleh BPJS kesehatan maupun pemberi pelayanan kesehatan yang bekerja sama dengan BPjS kesehatan secara nasional, provinsi dan kabupaten/kota. Kepala Dinas Kesehatan juga mengucapkan banyak terima kasih kepada Kepala Badan Litbangkes Kemenkes RI (  dr. Siswanto, MHP, DTM) dan staf yang sudah memilih Provinsi Sumatera Utara sebagai tempat workshop tersebut.

Sambutan Kepala Badan Litbangkes Kemenkes RI (dr. Siswanto, MHP, DTM)

Kepala Badan Litbangkes juga dalam sambutan penutupan kegiatan mengharapkan para Enumerator memperhatikan etika dan sopan santun dalam pengumpulan data di lapangan agar setiap responden dapat merasa nyaman sehingga data yang dihasilkan dapat akurat dan responden tidak merasa jenuh.”

Tepat pukul 09.00 WIB, hari sabtu, 5 Oktober 2019, kegiatan workshop Workshop/TC Enumerator Penelitian Kemampuan dan Kemauan Untuk Membayar Iuran, Urun Biaya serta Kepuasan Peserta dalam Pelaksanaan JKN Di Indonesia Tahun 2019 ditutup secara resmi.

 


Foto Bersama dengan Enumerator 



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 7 | Hits: 873 / 719445