Workshop Diseminasi Hasil Pelaksanaan PBL Tematik KIA
Para peserta Workshop Diseminasi PBL Tematik KIA

Workshop Diseminasi Hasil Pelaksanaan PBL Tematik KIA

Senin, 04 November 2019 - 15:53:22 WIB
0 | Kategori: Kegiatan |Dibaca: 203

Medan, 1 November 2019

Setelah berjalan selama 3 bulan Pengalaman Belajar Lapangan (PBL) Tematik Kesehatan Ibu dan Anak (KIA) mahasiswa FKM-USU bertempat di Kabupaten Langkat maka pada hari Jumat, 1 November 2019 dilaksanakan Pertemuan Diseminasi Hasil Pelaksanaan PBL Tematik KIA bertempat di Hotel Aryaduta Medan dengan mengundang peserta perwakilan Fakultas Kesehatan Masyarakat dari beberapa universitas (Universitas Islam Negeri Medan, Sari Mutiara), Dinkes Prov Sumut dan Kab Langkat, Poltekkes Medan, dll.


Ridesman, SH, M.Kes (mewakili Kadis Kesehatan) dan para peserta lainnya

PBL Tematik KIA ini merupakan inisiasi dari USAID Jalin Sumut bekerjasama dgn FKM USU yg melibatkan mahasiswa yg sedang PBL dgn muatan tambahan Program KIA. Program ini bertujuan untuk meningkatkan keterlibatan institusi pendidikan pada upaya Percepatan Penurunan Angka Kematian Ibu dan Bayi Baru Lahir melalui mahasiswa yg sedang PBL.

Mahasiswa mendampingi ibu hamil di 3 kecamatan dengan cara memberikan penyuluhan, mengingatkan ibu hamil untuk periksa hamil, mencatat hasil pelayanan dari Buku KIA serta menghubungi bidan desa atau dokter puskesmas apabila dijumpai tanda bahaya pada ibu ataupun bayinya.

Ada beberapa best practice yg diperoleh melalui PBL Tematik KIA ini diantaranya yaitu cepatnya respon terhadap seorang ibu hamil yg sedang mengalami tanda bahaya; adanya kroscek terhadap pelayanan KIA yg diberikan oleh tenaga kesehatan; diharapkan adanya peningkatan cakupan indikator KIA. Selain itu, para mahasiswa juga mendapatkan pengalaman yg berharga terkait permasalahan KIA.

Kedepan, direncanakan kegiatan PBL Tematik KIA seperti ini akan dilanjutkan dengan memperluas kerjasama dgn universitas lain dengan mengambil lokasi yg berbeda tapi yg termasuk lokus AKI AKN di Sumut yaitu Deli Serdang, Asahan, Mandailing Natal dan Nias Selatan.

Semoga kegiatan ini bermanfaat dalam upaya penurunan AKI dan AKN khususnya di Sumatera Utara.



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 4 | Hits: 254 / 630846