Cegah Penyakit Tidak Menular pada Mitra Grab, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara adakan Deteksi
Pemeriksaan Deteksi Dini PTM pada Mitra Grab
Pemeriksaan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular pada Kelompok Khusus Mitra Grab

Cegah Penyakit Tidak Menular pada Mitra Grab, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara adakan Deteksi

Kamis, 21 November 2019 - 09:01:53 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 200

Medan, (14/11/19)

Mitra Grab atau lebih dikenal di masyarakat sebagai Driver  Grab merupakan kelompok masyarakat yang berisiko mengalami penyakit tidak menular (PTM). Aktivitas, ritme kerja, kualitas udara, dan tingkat stres yang tinggi dapat mempengaruhi kondisi kesehatan mereka. Selain itu, ada beberapa mitra Grab yang bekerja sampai subuh atau yang lebih dikenal dengan istilah “Ngalong” pada para driver. Gaya hidup tersebut tentu dapat meningkatkan risiko terkena penyakit tidak menular, apalagi bila mereka memiliki riwayat keluarga yang menderita PTM.

Proses pemeriksaan kadar gula darah, kolesterol dan asam urat pada Mitra Grab

Untuk mencegah kejadian PTM pada mitra Grab, Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara  bekerja sama dengan PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) melaksanakan Deteksi Dini PTM. Kegiatan ini merupakan sebuah wujud kerja sama untuk mendorong program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) menuju Indonesia Sehat. Kegiatan pemeriksaan ini merupakan bagian dari Grab Benefit Festival yang dilaksanakan pada 14 November 2019 di CBD Polonia.

Sebanyak 191 mitra Grab melakukan pemeriksaan yang terdiri dari skrining, pengukuran tinggi badan, berat badan, lingkar perut, kolesterol, gula darah, asam urat. Setelah dilaksanakan pemeriksaan, pada meja terakhir juga dilaksanakan penyuluhan dan konsultasi mengenai penyakit tidak menular.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular Dinkes Provsu, Hery Valona Ambarita menyampaikan “Sekitar 70 Persen penyebab kematian di dunia disebabkan oleh PTM. PTM itu disebabkan oleh karena berbagai faktor seperti kebiasaan merokok, pola makanan yang tidak sehat, minimnya aktivitas fisik, dan riwayat PTM pada keluarga. Dari hasil skrining dan pemeriksaan kita menemukan beberapa mitra Grab masih merokok dan sebagian besar tidak melakukan aktivitas fisik. Hal ini tentu menjadi sebuah perhatian khusus dan kita bertujuan untuk mengedukasi para Mitra Grab agar mencegah kejadian PTM demi diri sendiri dan keluarga mereka.”

Kepala Seksi P2PTM, Hery Valona, S.Kp, M.Kes sedang memberikan testimoni mengenai pelaksanaan kegiatan

Pencegahan PTM sendiri dapat dilakukan dengan menerapkan perilaku CERDIK yaitu: Cek kesehatan secara rutin, Enyahkan asap rokok, Rajin aktivitas fisik, Diet seimbang, Istirahat yang cukup dan Kelola Stres. Dengan melaksanakan perilaku CERDIK ini diharapkan dapat menurunkan angka kejadian PTM.

Kerja sama antara Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara dengan PT Solusi Transportasi Indonesia (Grab) diharapkan dapat terus berlanjut dalam berbagai kegiatan. Manajemen Grab, Muhammad Zaki Nasution menyampaikan “Kita menyambut baik kerja sama ini, dan berharap dapat berlanjut pada Grab Benefit Festival yang selanjutnya. Kegiatan pemeriksaan PTM ini juga merupakan wujud kepedulian kita terhadap kesehatan mitra Grab, karena para mitra Grab adalah nafas dan detak jantung Grab”. (erdi)



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 3 | Hits: 132 / 592072