Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan I Tahun 2019-2020
Foto Bersama Kadinkes Provsu dr. Awli Hajimujahit Hasibuan dengan seluruh peserta
Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan I Tahun 2019-2020

Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan I Tahun 2019-2020

Rabu, 05 Februari 2020 - 08:45:13 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 52

Pada tanggal 3 Februari 2020, Acara Lepas Sambut Peserta Program Internsip Dokter Indonesia (PIDI) Angkatan I Tahun 2019-2020, bertempat di Hotel Santika Dyandra Medan. Acara ini dihadiri oleh Staf Ahli Menteri Kesehatan Bidang Ekonomi Kesehatan, dr. H. Mohammad Subuh, MPPM, dr. Zainoel Arifin, M.Kes dan dr. Rini Rachmawati, MARS dari KIDI Pusat, Ketua dan Sub Komite PIDI Provinsi Sumatera Utara, Ketua dan Anggota Sekretariat PIDI Sumatera Utara, para Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Direktur/Kepala Rumah Sakit yang menjadi wahana PIDI Angkatan I, para dokter pendamping PIDI, serta para peserta PIDI Angkatan I Tahun 2019 dan 2020. Acara dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara, dr. Alwi Mujahit Hasibuan, M.Kes. Pada kesempatan ini Kadinkes Provsu mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara menyerahkan kembali 174 peserta PIDI Angkatan I Tahun 2019 yang telah menyelesaikan PIDI dengan baik kepada dr. H.Mohammad Subuh, MPPM selaku wakil dari Kementerian Kesehatan. Pada kesempatan yang sama, dr. Subuh mewakili Kementerian Kesehatan menyerahkan 126 peserta PIDI angkatan I Tahun 2020 kepada Kadinkes mewakili Pemerintah Provinsi Sumatera Utara. Peserta PIDI akan ditempatkan di 8 Kabupaten/Kota yaitu Kota Pematangsiantar, Kota Tebing Tinggi, Kota Tanjung Balai, Kota Padangsidimpuan, Kabupaten Simalungun, Kabupaten Mandailing Natal, Kabupaten Serdang Bedagai, dan Kabupaten Toba Samosir. 



Dalam sambutannya, Kadinkes menyampaikan apresiasi dan ucapan selamat kepada peserta PIDI yang telah menyelesaikan program internsip dengan baik, dan menyampaikan pesan agar para dokter tetap berkontribusi dalam pembangunan kesehatan di Indonesia. Kepada peserta yang akan melaksanakan PIDI di Provinsi Sumatera Utara, beliau menyampaikan pesan agar memanfaatkan waktu ini sebaik-baiknya untuk meningkatkan kemahiran, kemandirian, serta memantapkan kompetensi para peserta, serta mematuhi seluruh ketentuan yang telah ditetapkan. Kadinkes Provsu juga berpesan, agar peserta PIDI turut berperan dalam mencegah dan mengatasi stunting di Sumatera Utara, terutama di daerah-daerah lokus stunting.

 

Pada kesempatan yang sama, dr. Mohammad Subuh, MPPM, dalam sambutannya menyampaikan terimakasih dan pemghargaan yang setinggi-tingginya kepada seluruh jajaran Pemerintah Provinsi Sumatera Utara dan stakeholder lainnya atas komitmen serta dukungan dalam pelaksanaan PIDI. dr. Subuh  mengharapkan agar Pemerintah Provinsi, Kabupaten/Kota, dan pimpinan wahana bisa saling berkoordinasi dengan lebih intensif, sinergis dan kooperatif untuk memberikan dukungan atas jaminan keamanan, keselamatan serta dukungan lain bagi dokter internsip selama bertugas. 

Pada kegiatan ini juga diadakan Pembekalan selama 2 hari bagi peserta PIDI angkatan I Tahun 2020 yang akan melaksanakan tugas selama 6 bulan di rumah sakit dan 6 bulan di puskesmas. Peserta dibekali berbagai materi mencakup Kebijakan dan implementasi PIDI Tahun 2020, Implementasi Manajemen Puskesmas dalam identifikasi Permasalahan dan Perencanaa  Kegiatan Program Nasional Prioritas bagi Dokter Internsip, praktek kedokteran yang baik, dan budaya setempat.


 



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2020. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 4 | Hits: 288 / 630880