MENKES HARAPKAN GURU JADI TELADAN PERILAKU HIDUP SEHAT BAGI PARA SISWA

MENKES HARAPKAN GURU JADI TELADAN PERILAKU HIDUP SEHAT BAGI PARA SISWA

Jumat, 13 Februari 2015 - 11:52:26 WIB
0 | Kategori: Berita |Dibaca: 716

Para guru di sekolah merupakan figur yang seringkali menjadi contoh oleh para siswa. Karena itu, hendaknya para guru senantiasa menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat sehingga dapat menjadi teladan yang tepat dalam menumbuhkan nilai-nilai kesehatan bagi para siswa.

Kami sangat mengharapkan guru-guru dapat berperilaku sehat agar dicontoh oleh anak-anak muridnya, ujar Menteri Kesehatan RI, Prof. Dr. dr. Nila Farid Moeloek, Sp.M(K), usai bertemu dengan Menteri Kebudayaan, Pendidikan Dasar dan Menengah RI, Anies Rasyid Baswedan Ph.D, di Kantor Kemenbuddikdasmen, Jakarta (28/1).

Menkes mengungkapkan harapannya adalah mewujudkan etika perilaku sehat masyarakat. Hal ini tentu diawali dari anak-anak, dibiasakan oleh orang tuanya di rumah, juga meneladani guru-gurunya di sekolah yang memang mengerti betul tentang apa yang disebut sehat.

Sehat itu bukan hanya sekedar sehat fisik, namun juga dalam arti psikologis, ujar Menkes.

Menkes menekankan pentingnya anak-anak sekolah mengetahui perilaku sehat agar dapat menjadi sumber daya manusia yang sehat dan produktif.
       
"Kita harus tahu apa itu sehat, berperilaku sehat dan saya yakin kita akan berpendidikan dengan baik nantinya, tandas Menkes.

Pada kesempatan yang sama, Mendikbud RI, Anies Rasyid Baswedan Ph.D, menyatakan bahwa telah bersepakat pada tahun ajaran baru mendatang revolusi mental dalam kehidupan sekolah, utamanya penerapan perilaku sehat, akan diterapkan.

Dimulai dari guru agar berperilaku lebih sehat, siswa juga seperti itu. Kita ingin mengatur sedemikian rupa, sehingga tidak membebani sekolah, guru, dan anak-anak. Namun justru melihat ini sebagai sesuatu yang positif dan edukatif, karena tujuannya untuk mempromosikan hidup sehat, tuturnya.

Lebih lanjut, Mendikbud RI menambahkan bahwa pertemuan dengan Menkes RI, pada kesempatan tersebut merupakan pertemuan pembuka dan akan ditindaklanjuti oleh direktorat terkait di masing-masing kementerian.
sumber: www.depkes.go.id



0 Komentar


Komentar


Komentar via facebook


Copyright © 2019. Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara | Online: 4 | Hits: 507 / 282562