• PROFIL
  • STRUKTUR ORGANISASI
  • UNIT KERJA & PEJABAT
  • ARTIKEL
  • INFORMASI PUBLIK
  • UNDUH
  • STANDAR PELAYANAN
  • FAQ
  • PERUNDANGAN
  • LITKES
  • GALERI
    • PHOTO
    • VIDEO
  • SEKRETARIAT
    • Tugas Pokok dan Fungsi
    • Publikasi Data dan Informasi
    • Sub Bagian Umum dan Kepegawaian
    • Sub Bag Program, Akuntabilitas
    • Sub Bag Keuangan
  • BIDANG KESEHATAN MASYARAKAT
    • Tugas Pokok dan Fungsi
    • Publikasi Data dan Informasi
    • Seksi Kesehatan Keluarga dan Gizi
    • Seksi Promosi dan Pemberdayaan
    • Seksi Kesling dan Kesjor
  • BIDANG P2 PENYAKIT
    • Tugas Pokok dan Fungsi
    • Publikasi Data dan Informasi
    • Seksi P2 Penyakit Menular
    • Seksi Surveilans dan Imunisasi
    • Seksi P2 Penyakit Tidak Menular
  • BIDANG YANKES
    • Tugas Pokok dan Fungsi
    • Publikasi Data dan Informasi
    • Seksi Yankes Primer & Tradisional
    • Seksi Pelayanan Kesehatan Rujukan
    • Seksi Akreditasi Fas. Pel. dan Jamkes
  • BIDANG SUMBER DAYA KESEHATAN
    • Tugas Pokok dan Fungsi
    • Publikasi Data dan Informasi
    • Seksi Kefarmasian
    • Seksi Alkes & Pembekalan Kes RT
    • Seksi SDM Kesehatan
  • UPTD Pelatihan Kesehatan
    • Profil UPTD Pelatihan Kesehatan
    • Struktur Organisasi UPTD Pelatihan Kesehatan
    • Kalender Pelatihan
    • alur pelayanan
    • Tugas dan Fungsi
    • Sumber Daya Manusia
    • Fasilitas Pelatihan
      • Asrama Gunung Sibayak
      • Asrama Sorik Merapi
      • Asrama Pusuk Buhit
      • Asrama Sibualbuali
      • Auditorium
      • Ruang Diskusi
      • Kelas
      • Mushola
      • Fasilitas Olahraga
      • Ruang Makan
      • Perpustakaan
      • Laboratorium Kelas
      • Ruang Praktek Konseling Menyusui
    • Hasil Survey
  • UPTD RS Khusus Mata Masy.
  • UPTD Khusus Paru
  • UPTD RS Kusta Lau Simomo
  • UPTD Lab. Kesehatan Daerah
  • Profil
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • UNIT KERJA DAN PEJABAT
  • PERUNDANGAN
  • INFORMASI PUBLIK
  • UNDUH
  • ARTIKEL
  • FAQ
  • GALERY
    • PHOTO
    • VIDEO
  • STANDAR PELAYANAN
    • LITKES
  • Profil
    • STRUKTUR ORGANISASI
    • UNIT KERJA DAN PEJABAT
  • PERUNDANGAN
  • INFORMASI PUBLIK
  • UNDUH
  • ARTIKEL
  • FAQ
  • GALERY
    • PHOTO
    • VIDEO
  • STANDAR PELAYANAN
    • LITKES
  • Kegiatan

Pembinaan & Monitoring Program Kesehatan Msyarakat Ke 4 (Empat) Kabupaten Fokus Dalam Rangka Evaluas

  • 23-12-2016
  • 4661 Views
  • Share:
Keterangan Gambar :

Masih tingginya Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) di Indonesia merupakan suatu masalah yang perlu mendapat perhatian besar dari berbagai pihak. Angka kematian tersebut diupayakan dapat menurun dengan pelaksanaan berbagai program kesehatan, yang diukur melalui beberapa indikator. Sesuai dengan Rencana Strategis Kementerian Kesehatan Tahun 2015-2019, dengan fokus pada persalinan di fasilitas kesehatan dan penanganan kasus komplikasi maternal dan neonatal dengan rujukan yang berkualitas. 

 

Salah satu kendala lambatnya penurunan kasus kematian adalah kurangnya manajemen dari fasilitas pelayanan baik di tingkat pelayanan dasar maupun di tingkat rujukan  di kabupaten/kota  yang mengakibatkan lambatnya penanganan kasus yang hingga berujung pada kematian. Dalam peningkatan pelayanan rujukan kegawatdaruratan ibu dan bayi baru di Kabupaten/Kota diperlukan untuk mengatasi masalah manajemen pelayanan yang mencakup rujukan kegawatdaruratan ibu dan bayi baru lahir di wilayahnya  termasuk RS kab/kota, puskesmas, puskesmas pembantu yang juga diperluas jangkauan pelayanan  dengan adanya bidan di desa.

 

Peningkatan sistem rujukan kegawatdaruratan merupakan unsur esensial yang mempengaruhi kualitas pelayanan dan dapat secara signifikan memengaruhi penurunan kematian ibu dan bayi baru lahir dan keberlanjutan kegiatan dengan mengintegrasikan kegiatan pada kegiatan bersumber dana dari anggaran daerah kabupaten. Dinas Kesehatan Provinsi telah menginisiasi penyusunan rujukan kegawatdaruratan kasus ibu dan bayi baru lahir di 4 (empat) kabupaten, dan untuk itu diperlukan evaluasi pelaksanaan kegiatan di kabupaten tersebut

 

Pembinaan kali ini ditujukan kepada evaluasi dari tahapan kegiatan yang telah dilakukan di 4 (empat) kabupaten yaitu Labuhan Batu Utara, Batubara, Tapanuli Selatan dan Serdang Bedagai. Dengan kegiatan difokuskan pada pembenahan Sistem Rujukan Kegawatdaruratan Ibu dan Bayi Baru Lahir.

 

Sepanjang Tahun 2016, pada empat kabupaten tersebut telah dilaksanakan rangkaian kegiatan yang mencakup :

-          Advokasi Stakeholder dalam Impelentasi Rujukan Ibu dan Bayi Baru Lahir, dengan tujuan untuk membangun komitmen stakeholder dalam pelaksanaan kegiatan

-          Penyusunan Sistem Rujukan Ibu dan Bayi Baru Lahir dan Pembentukan Tim Penyelia Fasilitatif kabupaten, bertujuan untuk membangun sistem rujukan di kabupaten, penyusunan perjanjian kerjasama dan pembentukan tim penyelia kabupaten

-          Rapat Pembentukan POKJA Impelementasi Rujukan kegawatdaruratan ibu dan bayi baru lahir, membahas pihak yang bertanggungjawab dalam pelaksanaan rujukan ibu dan bayi baru lahir

-          Pembentukan tim ICT dan pelatihan pelaksanaan Sijariemas sebagai alat komunikasi antar fasilitas dalam pelaksanaan rujukan kegawatdaruratan ibu dan bayi baru lahir

-          Penguatan Jejaring Rujukan pada Lintas Sektor Lintas Program dalam Kegawatdaruratan Ibu dan bayi baru Lahir, ditujukan bagi pembentukan (inisiasi) Forum Masyarakat Madani yang dapat berfungsi sebagai pengawas dari sisi kemasyarakatan dalam pelaksanaan pelayanan oleh petugas kesehatan.

Dalam rangka untuk mengevaluasi kegiatan tersebut maka dilakukan perjalanan ke 4 (empat) kabupaten dengan melibatkan petugas lintas program dan juga Tim 21 Sumatera Utara, yang merupakan tim penyelamatan ibu dan bayi baru lahir melibatkan dokter spesialis kebidanan dan dokter spesialis anak, bidan, perawat dan pihak yang telah terlibat dalam penyusunan prosedur peningkatan kualitas rujukan di puskesmas dan kabupaten.

Keterangan gambar : Briefing penggunaan CPAP di RSUD Sultan Sulaiman

 Keterangan : Photo bersama di Dinas Kesehatan Labuhan Batu Utara

Keterangan : Briefing di RSUD Aek Kanopan

Dari keempat kabupaten, sudah tiga kabupaten, yaitu Labuhan Batu Utara, Serdang Bedagai, Tapanuli Selatan,  yang menggunakan modem Sijariemas, tetapi masih belum diaplikasikan seluruhnya, begitu pula dengan standar pelayanan di Puskesmas dan Rumah Sakit masih banyak yang perlu dibenahi, baik dari ketersediaan alat, kesiapan petugas maupun kondisi fisik ruangan.

 Keterangan : Penilaian di Puskesmas Pargarutan, Kab. Tapanuli Selatan

Keterangan : Puskesmas Labuhan Ruku, Batubara

 

 

Media sosial

  • Info
  • Populer
Peresmian Pembukaan Pengembangan Usaha Koperasi Pegawai Negeri Dinkes Provsu “ Kopi Joglo Koperasi”
09-05-2025 10
Monitoring Evaluasi Inisiasi Pengobatan Tubekulosis Resistan Obat di Puskesmas Provinsi Sumatera Utara Hotel Ibis Styles, Medan 05-07 Mei 2025
08-05-2025 17
Rapat Koordinasi Percepatan Universal Health Coverage (UHC) di Provinsi Sumatera Utara
05-05-2025 44
Pekan Imunisasi Dunia 2025: Sumut Bersatu, Anak Sehat Terlindungi
14-04-2025 270
7 Langkah Cara Mencuci Tangan Yang Benar Menurut WHO
19-12-2016 480.454
Membuat Ramuan Peluruh Batu Ginjal Dari Daun Tempuyung
13-10-2016 186.203
Proses dan Cara Pengolahan Limbah Rumah Tangga (Sanitasi)
18-01-2017 183.267
5 Gejala DBD yang Tak Boleh Diabaikan
07-07-2021 168.560

Kategori

  • Berita (618)
  • Kegiatan (78)
  • Info Kesehatan (56)
  • Info Terkini (46)
  • Ragam (26)

Indeks/arsip Berita

  • Januari 2025 (8)
  • Februari 2025 (3)
  • Maret 2025 (1)
  • April 2025 (8)
  • Mei 2025 (31)

Link terkait

  • KEMENTRIAN KESEHATAN
  • PUSAT DATA INFORMASI KESEHATAN
  • PEMRINTAH PROVINSI SUMATERA UTARA

Banner

INFO SARAN DAN PENGADUAN

Email : diskes@sumutprov.go.id
HP : 089621407776

  • INFORMASI PUBLIK
  • STRUKTUR ORGANISASI
  • FAQ
  • UNDUH
  • PROFIL
  • ARTIKEL
  • PERUNDANGAN
  • UNIT KERJA & PEJABAT
  • STANDAR PELAYANAN
  • LITKES
  • PETA SITUS

© 2020 Dinas Kesehatan Provinsi Sumatera Utara. All rights reserved.